Kamis, 24 September 2009

Fenomena ponsel Qwerty


Fenomena ponsel Qwerty dipicu oleh maraknya penggunaan Facebook dan chatting.Peristiwa - peristiwa yang terjadi di dunia cepat diketahui oleh masyarakat dengan kedua fasilitas tersebut. Tidak saja lewat pemberitaan breaking news di stasiun-stasiun TV, berita hangat dan aktual tentang peristiwa yang dikecam banyak kalangan itu cepat menyebar lewat jejaring sosial Facebook. Technology membuat dunia menjadi amat kecil.

Sekarang, semakin banyak ponsel Qwerty dikeluarkan oleh produsen padahal itu bukan ponsel-ponsel bisnis lagi melainkan non bisnis. Awal-nya Qwerty keypad merupakan fasilitas utama ponsel bisnis, tetapi sekarang ponsel non bisnis mengadopsi-nya. Makin mudah saja orang melakukan aktivitas messaging. Dulu, mengirim pesan harus siap berlelah-lelah dengan satu jari.Belum lama ini, HT Mobile meluncurkan produk-produk terbarunya, yang salah satunya, seri G30 Link Series, dilengkapi dengan keypad Qwerty.Ponsel andalan yang dibandrol dengan harga Rp 1 juta ini juga difasilitasi dengan aplikasi Facebook dan chatting dengan Yahoo messenger menggunakan koneksi GPRS kelas 12.Peluncuran G30 Link Series, diakui oleh General Manager HT Mobile, Nuramin, sebagai upaya memenuhi kebutuhan konsumen yang sedang gandrung ponsel Qwerty. Ia optimistis, ponsel Qwerty pertamanya ini dapat terjual hingga 20 ribu unit dalam waktu sekejap. Bahkan, vendor itu telah mengambil ancang-ancang untuk meluncurkan ponsel Qwerty setiap bulannya hingga akhir tahun nanti.Ponsel Qwerty adalah ponsel yang model keypad -nya seperti pada komputer dan notebook. Huruf-huruf q, w, e, r, t, y pada keypad tampil berurutan dari kiri ke kanan pada baris pertama abjad. Itulah sebabnya disebut Qwerty.Sebelumnya, konsumen lebih mengenal keypadnu merik berdasarkan angka. Dengan keypadQwerty, mengetik SMS, email, dan Face book lebih mudah dan lebih cepat. Keypad Qwerty biasanya terdapat pada ponsel-ponsel segmen atas yang memiliki fungsi multimedia. Para penggunanya dapat menikmati fungsi push email.

Namun kini, tren ponsel Qwerty menyasar segmen menengah ke bawah.Perubahan tren itu membuat HT Mobile menggantungkan harapan yang tinggi pada produk terbarunya, G30 Link Series. Harapan itu bukan tanpa perhitungan. Vendor lokal ini merujuk pada kisah sukses penjualan pesaingnya, Nexian yang meluncurkan NX G900, ponsel Qwerty yang bentuknya mirip dengan Blackberry, dengan menggandeng PT Excelcomindo Pratama (XL).Ponsel Nexian seharga Rp 1 juta yang juga sudah dilengkapi dengan short cut ke jaringan Facebook dan chatting ini langsung diserbu konsumen, dan habis dalam waktu singkat.Menurut Vice President XL Jabodetabek Region, Dedi Sirath, ponsel yang diluncurkan pada Maret 2009 itu memang memecahkan rekor dunia. Pada hari pertama penjualannya, HP Nexian Berry, sebutan untuk NX G900, terjual hingga 4.500 unit.Untuk mendapatkan satu unit Nexian Berry konsumen harus antri selama tiga jam. Hingga akhir Juni 2009, lanjutnya, sebanyak 60 ribu unit sudah dilempar ke pasar dan XL telah menyiapkan 100 ribu unit lagi untuk memenuhi permintaan para pemesan.

Venera, merek ponsel yang memiliki paten dari USA, ikut meramaikan pasar produk ponsel QWERTY dengan menghadirkan Venera Voyager V1. Beberapa hari ini, masyarakat Indonesia dibuat cukup penasaran karena terdapat iklan ponsel dengan gambar yang cukup misterius. Terdapat sebuah ponsel QWERTY dengan model mirip dengan yang banyak beredar di pasaran saat ini. Sayangnya, gambar tersebut tertutup sebuah bayangan sehingga tidak terlihat jelas. Satu hal yang pasti, ponsel ini dibundel dengan salah satu operator terkenal Indonesia, yaitu Telkomsel. Harga ponsel ini tergolong murah, yaitu Rp 1.199.000,-. Harga tersebut sudah termasuk handset beserta kartu perdana simPATI PeDe (senilai total Rp 28.000,-) mendapatkan bonus pulsa @Rp 5000,- untuk dua kali isi ulang, gratis 1 NSP, gratis akses Internet 5MB, dan 30 SMS Facebook selama 7 hari.

1 komentar:

narti mengatakan...

makasih infonya...disini ada blm ya?

Posting Komentar