Kamis, 26 November 2009

Badai Matahari 2011-2012-2013


Tahun 2012 tiba-tiba menjadi angka yang populer mengalahkan angka 4 dan 13 dalam aspek negatif, setelah para ilmuwan dan penulis belakangan ini mengungkapkan ramalan bangsa Maya kuno tentang berakhir-nya zaman yang jatuh pada 21 Desember 2012, akhir siklus kalender bangsa itu.

Banyak buku yang terbit mengenai ramalan ini, termasuk Apocalypse 2012 yang paling terkenal. Buku karya Lawrence E. Joseph, wartawan dan Ketua Dewan Direksi Aerospace Consulting Corporation di New Mexico, Amerika Serikat, ini terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul Kiamat 2012: Investigasi Akhir Zaman.

Dari hasil penelitian di berbagai negara akan terjadi Badai Matahari 2011-2012-2013. Tapi apakah badai tersebut yang menimbulkan kiamat !!!

Namun diluar ramalan tersebut, sebenarnya beberapa badan penelitian antariksa luar negeri dan Indonesia sudah memprediksi akan terjadi suatu fenomena alam besar yang akan mempengaruhi kehidupan manusia. Dikutip dari situs harian kompas :

“menurut Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tedjasukmana, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975."

Solar storm atau badai matahari adalah fenomena alam yang terjadi pada matahari ketika terlemparnya proton dan elektron akibat aktifitas magnetik matahari yang biasanya terjadi 11 tahun sekali. badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. ”Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti.

Akibat aktifitas magnetik tersebut, gelombang magnetik yang mengarah ke bumi menghalangi sinyal-sinyal komunikasi. Oleh karena itu seluruh alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektromagnetik mungkin akan tidak berfungsi dengan baik.

Siklus badai matahari itu oleh para astronom diberi nomor untuk memudahkan pengenalan. Siklus yang akan terjadi pada 2012-2013, misalnya, diberi nomor 24. Pada saat itu, belum tentu intensitas ledakan paling kuatnya terjadi pada tahun itu juga, tapi bisa jadi sebelum atau sesudah puncak siklus tersebut.

Badai matahari itu baru menjadi persoalan jika ledakannya mengarah ke bumi. Saat itu, bukan hanya satelit yang mengangkasa di orbit bumi yang terganggu. Bumi pun mengalaminya.

Bahkan Fenomena ini juga sangat berpengaruh pada pembangkit listrik jika terus dinyalakan pada saat badai berlangsung karena medan magnet bumi yang tidak stabil. Jika pembangkit listrik tersebut rusak maka dibutuhkan waktu sekira 2 tahun untuk membangunnya kembali. Hal ini memaksa masyarakat untuk kembali hidup tanpa listrik hingga pembangkit listrik baru selesai dibangun. Menurut wikipedia, hal ini pernah terjadi di Quebec pada 13 maret 1989 dimana 6 juta orang hidup tanpa listrik selama 9 jam. Padahal puncak ledakan solar storm jika mengenai bumi bisa mencapai lebih dari 2 hari.

Ledakan matahari kini sudah menjadi perhatian dunia. Sejumlah satelit telah diluncurkan khusus untuk mengamati ledakan ini. Informasi ledakan juga disebar secara terbuka di Internet, sehingga operator satelit, misalnya, dapat segera mengendalikan satelitnya pada posisi stand-by, kondisi minimum untuk menekan dampak badai.

Chatief Kunjaya, asisten profesor di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung, membenarkan bahwa catatan mengenai gangguan akibat badai matahari ini sebatas pada gangguan sistem satelit hingga padamnya listrik. "Selama ini, tidak pernah menimbulkan bahaya langsung di kehidupan manusia," katanya.

Gangguan komunikasi, kata Chatief, ada kemungkinan bakal mendominasi efek badai matahari. "Gangguan yang dulu tidak terlalu kentara itu kini bakal terasa seiring dengan meningkatnya penggunaan telepon yang mengandalkan jaringan satelit," katanya.

Apabila dilihat dari aspek keilmuan ke antariksa'an sebenarnya bumi tidak mengalami kehancur-leburan atau bencana alam yang besar, namun kemungkinan peradaban manusia saat ini yang mengandalkan tehnologi komunikasi dan kelistrikan yang akan terganggu. Tetapi manusia sekarang adalah manusia cerdas, mungkin dari sekarang tanpa sepengetahuan kita, pihak-pihak terkait di seluruh dunia telah mengantisipasi kejadian alam ini. Mari kita berdoa kepada sang MAHA PENGATUR ALAM semoga badai matahari tidak mengarah ke BUMI. Kita sebagai manusia hanya bisa ber-doa dan berbuat, ALLOH SWT yang menentukan.

18 komentar:

the international times mengatakan...

kenapa harus takut sih?...memang kegiatan badai di matahari selalu muncul dalam siklus 11 tahun sekali koq.kenapa badai matahari sebelum sebelumnya tidak ada ilmuwan yg membahas,truss knp secara tiba2 utk thn 2012 pada sibuk membahasnya??.bukannya pada sekitar tahun 2001 gejolak badai matahari juga terjadi :)

yugopurbalingga mengatakan...

ngga begitu ngerti tuh bang, semua hanya sebatas perkiraan dan perhitungan saja..

sakthi mengatakan...

hi nice post & i like this blog so much... visit here : http://technotexter.co.cc/

Anonim mengatakan...

. smmma

. gagh dda iank guu ngerti

. inti nna ppa kand trjaddi halL iank gmanna ci ?

Anonim mengatakan...

pokoknya kita serahkan am tuhan yang maha esa sehingga kita tidak gampang di bodohi oleh keterangan yang tidak jelas

desyfathiya mengatakan...

''hanya tuhan lah tau...
malikat dan nabi sekalipun tidak tau apa perencanaan san kuasa.
''baik kiamat,bencana...dll''
kt hanya tau dengan tanda2nya sebagai mana dlm al'qur'an.
so...jangan percaya dengan ramalan atau perkiraan segala macamnya..
jadikan semua itu tuk intropeksi diri...

serigalasenja mengatakan...

buat kartu kredit (credit card) dan kredit tanpa agunan (persona loans): Syarat-syarat: (KARTU KREDIT)
Kartu Kredit

FASILITAS KARTU KREDIT UOB Buana ANDA
Luas diterima di seluruh Dunia

Kartu Kredit UOB Buana Anda dapat digunakan sebagai alat pembayaran di lebih dari 24 juta tempat transaksi dan diterima di 150 negara.

Fasilitas Kredit

Anda hanya perlu membayar 10% dari total tagihan Kartu Kredit UOB Buana atau minimal Rp 50.000,-.

Kredit Tanpa Bunga

Anda dapat menikmati fasilitas kredit tanpa bunga dengan jangka waktu antara 14-45 hari, yaitu mulai dari saat Anda melakukan transaksi belanja sampai dengan tagihan kartu kredit jatuh tempo.

UOB Buana One Bill

Anda dapat melakukan pembayaran rutin bulanan seperti telpon, ponsel, dll. melalui kartu kredit Anda.

Auto Pay

Apabila Anda memiliki rekening UOB Buana, Nikmati fasilitas Auto Pay secara gratis dengan memberikan instruksi secara tertulis untuk mendebit rekening Anda setiap bulan pada saat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit. Anda dapat memilih untuk pembayaran full payment atau minimum payment (10 % dari total tagihan).

Perlindungan Credit Shield

Perlindungan keuangan dari kewajiban melunasi tagihan Kartu Kredit Anda dengan membayar premi 0.35 % dari saldo tagihan Anda apabila terjadi kecelakaan atau sakit yang mengakibatkan meninggal dunia. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.

Gratis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan cuma-cuma untuk setiap pembelian tiket dengan Kartu Kredit UOB Buana. Jumlah pertanggungan untuk Kartu Classic sebesar Rp 100 juta dan Kartu Gold Rp 300 juta. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.

Gratis Asuransi Ketidaknyamanan

Khusus untuk kartu Gold, untuk setiap pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit UOB Buana. Anda akan memperoleh penggantian apabila terjadi keterlambatan pesawat, keterlambatan penerbangan lanjutan, keterlambatan bagasi ataupun kehilangan bagasi. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.
Kenyamanan Perjalanan Ke Luar Negeri

*
Kartu Kredit UOB Buana menggunakan nilai tukar yang sangat bersaing untuk transaksi di luar negeri.
*
Pembayaran paket liburan ke luar negeri dapat Anda cicil melalui fasilitas Flexi Pay.

Flexi Pay

Nikmati kemudahan dan kenyamanan fasilitas pembelian barang dengan cara mencicil. Anda dapat memesan produk tersebut sesuai yang tersedia dalam katalog atau brosur yang berlaku.

Merchandising Service

Nikmati berbagai penawaran barang-barang yang menarik dari brosur dan katalog dengan beraneka ragam pilihan. Manfaatkan juga cicilan Kartu Kredit UOB Buana untuk barang yang Anda pilih.

UOB Buana Rewards

Setiap Rp 1.000,- transaksi belanja Kartu Kredit UOB Buana Anda akan mendapatkan 1 poin UOB Buana Rewards. Kumpul dan tukarkan dengan hadiah yang tersedia pada Katalog UOB Buana Rewards.

Special Offers

Nikmati berbagai penawaran khusus dari merchant-merchant Kartu Kredit UOB Buana di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari hotel, restaurant, café, spa sampai dengan tempat berbelanja.

JARINGAN LAYANAN
ATM UOB Buana

Dapat digunakan untuk menarik uang tunai. Batas maksimal pengambilan tunai adalah 40% dari kredit limit Kartu Kredit Anda.

ATM VISA Plus

Kartu Kredit UOB Buana dapat digunakan di seluruh ATM di dunia yang mencantumkan logo VISA dan atau PLUS untuk pengambilan uang tunai.

Real Time On Line Payment

Pembayaran Kartu Kredit UOB Buana melalui ATM UOB Buana yang akan langsung menambah jumlah kredit limit Anda sejumlah yang Anda bayarkan, walau dihari libur sekalipun.

UOB Buana Call Center

Segala macam informasi mengenai Kartu Kredit UOB Buana, dapat langsung Anda ketahui dengan menghubungi layanan 24 jam UOB Buana Call Center di 14008 atau (62 21) 23 55 9000.
untuk pengajuan hubungi
chairul sarto utomo
asm Dewi ika
UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
SEMARANG,50000
VIA SMS 085859467928

Anonim mengatakan...

soRRy..buad siapa pun yang suka menyimpulkan kiamat 2012,TWO wordS for u.."SOMBONG"&"SO' TAU' "

anjelicha mengatakan...

SEMUANYA HANYA TUHAN SAJA YANG TAU...MANUSIA HANYA BISA MENGIRA NGIRA & MERAMALKAN...TAPI SEMUANYA HANYA TUHAN YANG MENENTUKAN....

SAYA SUKA DGN PEMBERITAHUAN INI,,BISA DI JADIKAN INSPIRASI BUAT SEMUA ORANG & JGN PERNAH MEREMEHKAN HAL SEPERTI INI.....

SEBAGAI MANUSIA KITA HANYA BISA BERDOA PADA SANG PENCIPTA....AGAR SUPAYA KITA SEMUA & TERLEBIH BUMI INI DI JAUHKAN DARI SEGALA MACAM HAL2 TERSEBUT....

Anonim mengatakan...

Apapun yang mereka katakan , hanya ada satu kuncinya.... pasrah dgn apa yg akan terjadi

Anonim mengatakan...

o githu

industrialmaintenance mengatakan...

keren

security services mengatakan...

bagus

armstrong indonesia mengatakan...

mantap

motivator indonesia mengatakan...

salam kenal

jantung koroner mengatakan...

semoga bermanfaat

belajar forex mengatakan...

tips yang bagus

Monca Roland mengatakan...

Hello Everybody,

My name is Mrs. Monica Roland. I live in UK
London and i am a happy woman today? and i
told my self that any lender that rescue my
family from our poor situation, i will refer
any person that is looking for loan to him,
he gave me happiness to me and my family, i
was in need of a loan of $250,000.00 to
start my life all over as i am a single
mother with 3 kids I met this honest and GOD
fearing man loan lender that help me with a
loan of $250,000.00 U.S. Dollar, he is a GOD
fearing man, if you are in need of loan and
you will pay back the loan please contact
him tell him that is Mrs. Monica Roland that
refer you to him. contact Mr. Anthony Hampton
via email: (easyloans03@gmail.com)

Posting Komentar