Minggu, 17 Januari 2010

Kasus Bank Northern Rock menjadi pembeneran Skandal century

Buku Putih yang berjudul Upaya Pemerintah dalam Pencegahan dan Penanganan Krisis telah di terbitkan awal januari. Buku Putih ini memberikan kesan, Pemerintah menjawab atas kebijakan yang telah dilaksanakan terhadap Bank century untuk menyelamatkan perekonomian negara. Dalam Buku Putih ini membahas bagaimana KSSK akhir'nya mengambil keputusan untuk memberikan dana talangan ke Bank Century. Salah satu faktor yang menjadi rujukan mengapa Bank Century ditakutkan apabila di tutup akan menimbulkan dampak sistemik adalah Kasus Bank Northern Rock di Inggris. Apakah Benar Kasus Bank Northern Rock menjadi pembeneran Skandal century ???? pasti ada pro dan kontra


Ketika ibu Menteri keuangan Sri Mulyani dan bapak Wakil Presiden Budiono di hadirkan dalam sidang angket skandal Century, kedua ekonom ini menjawab ditakutkan akan terjadi dampak domino yang di timbulkan oleh psikologis pasar yang reaktif bila Bank ini ditutup pada saat terjaddi krisis moneter dunia. Pada Buku Putih halaman 18, dibahas bagaimana sebuah bank kecil bernama Northern Rock mampu menimbulkan efek domino dan merusak sistem perekonomian Inggris.

Pada halaman 18 paragraf 3, 4 dan di lanjutkan di halaman 19 " Krisis perbankan di eropa ditandai dengan permasalahan bank swasta berukuran kecil di Inggris yaitu Northern Rock. Walaupun kecil bank ini menjadi sorotan publik ketika terjadi gonjang-ganjing krisis pada waktu itu. Perlu di catat bahwa dalam keadaan normal, bank ini tidak termasuk kategori bank berdampak sistemik.

Penarikan besar besaran yang dilakukan oleh para nasabahnya memicu sentimen negatif dipasar. Antrian pajang nasabah yang ingin menarik dananya dari bank ini disiarkan oleh berbagai stasiun TV di dunia. Untuk pertama kalinya dalam 140 tahun terakhir, Inggris mengalami kekacauan perbankan.

Meskipun sudah diberikan pinjaman darurat pada tanggal 13 September 2007 oleh bank sentral Inggris, Northern Rock akhirnya di nasionalisasi pada tanggal 17 februari 2008, semata-mata demi menghindari kerusakan yang lebih luas terhadap perekonomian Inggris. Sejak kejadian itu, beberapa bank di Inggris juga di nasionalisasi. Pemerintah mengambil sebagian porsi saham di bank-bank swasta tersebut sebagai bagian dari program rekapitalisasi. Kasus Northern Rock ini menjadi pelajaran
berharga, bahwa sesungguhnya, sekalipun bank itu berukuran kecil,
apabila tidak diselamatkan, bank tersebut dapat menimbulkan
dampak sistemik terhadap sistem keuangan secara keseluruhan.

(sumber: Reflections on Modern Bank Runs: A Case Study of Northern Rock,
Hyun Song Shin, Princeton University, August 2008)"

Apabila kita tilik dari referensi rujukan kasus bank Northern Rock, maka kebijakan yang dilakukan mungkin benar. Dengan alasan mencegah hadirnya api ketika mulai ada asap dengan menyiramnya ,saya pikir ada benarnya. Kasus bank Northern Rock menunjukkan bahwa faktor sorotan media juga menjadi salah satu faktor pemicu histeria massa, sama seperti yang terjadi ketika tahun 1998 ketika masyarakat Indonesia berbondong-bondong menarik uangnya di bank dan memborong kebutuhan pokok.

Yang menjadi awal skandal Bank Century dan perdebatan sidang angket adalah timbulnya polemik gelontaran dana talangan sebesar 6,7 trilyun apakah layak di berikan kepada bank sebesar Century dan penetapan bahwa apabila terjadi penutupan bank Century, maka akan menimbulkan dampak sistemik. Insya'ALLOH dengan berprasangka baik diharapkan para anggota hak angket dapat menjalankan amanah dan mengungkap skandal tersebut tanpa dinodai kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

Kita tinggal menunggu apakah kasus bank century merupakan kejahatan perbankan atau kesalahan kebijakan

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Posting Komentar