Kamis, 14 Mei 2009

Kolesterol

Kolesterol atau kadar lemak dalam darah. Jenis kolesterol dibedakan Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). LDL sering disebut kolesterol jahat, berbentuk lemak mirip lilin. Tingginya kadar LDL akan berpotensi menumpuk/menempel di sepanjang dinding pembuluh nadi koroner. Penumpukan di pembuluh darah akan menyebabkan penyempitan dan penyumbatan aliran darah (arteriosclerosis). Akibatnya jantung kesulitan memompa darah dan timbul rasa nyeri di dada, suka pusing-pusing dan berlanjut ke gejala serangan jantung mendadak. Bila penyumbatan terjadi di otak, maka yang diderita adalah stroke dan bisa juga menyebabkan kelumpuhan.


Kolesterol dapat menimpa siapa saja, baik orang kurus maupun gemuk. Penyakit ini tidak hanya khusus bagi orang gemuk, bagi orang ber badan kurus yang sering mengkomsumsi makanan rendah serat dengan kadar lemak yang tinggi juga sangat berpotensi. Faktor keturunan pun merupakan salah satu penyebab ada kecenderungan individu tersebut mempunyai kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu unsur dari lemak. Lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid.

kolesterol di hasilkan 80 % dari tubuh kita sendiri, sedangkan 20 % nya disebabkan oleh makanan yang kita komsumsi. Life style / gaya hidup merupakan penyebab utama kolesterol dalam tubuh. Untuk menurunkan kolesterol dari gaya hidup adalah menfilter makanan-makanan yang berlemak, mengatur porsi makan, menghindari makanan yang di goreng.

Agar kadar kolesterol dapat di turunkan yaitu dengan lebih banyak mengkomsumsi makanan yang di panggang dan di rebus. Mengkomsumsi protein dari kacang-kacangan dan ikan juga dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh selain itu berolahraga secara rutin. Ada pun tanaman obat yang berkhasiat seperti mengkomsumsi buah belimbing yang sudah masak 2 kali sehari. Sedangkan cara yang paling sederhana adalah minum air teh 4-5 kali sehari, masing-masing secangkir.

Tinjauan pustaka :
Sehat Mau ?. Tim Maximus 2007
http://id.inaheart.or.id/?p=32 ( Yayasan Jantung Indonesia )
Kafka.web.id
Kompas.com

1 komentar:

Posting Komentar