Senin, 03 Agustus 2009

FILM ANIMASI 3D BUATAN ANAK BANGSA


Ketika saya sedang browsing di dunia maya dan membaca-baca artikel di komunitas Kaskus, ada sesuatu yang membuat saya tertarik. Hal tersebut mengenai sebuah FILM ANIMASI 3D BUATAN ANAK BANGSA. Menurut catatan yang ada, film animasi 3D ini merupakan film animasi 3D karya anak bangsa yang pertama kali muncul di layar lebar. Film animasi 3D tersebut berjudul Meraih Mimpi yang diproduksi Infinite Frameworks (IFW), studio animasi yang berpusat di Batam.


Film Meraih Mimpi sendiri sebenarnya merupakan adaptasi dari buku karya Minfung Ho berjudul Sing to The Dawn. Buku tersebut menceritakan tentang kakak beradik yang berusaha melindungi tempat tinggal mereka dari para kontraktor penipu.

Infinite Frameworks (IFW) membuat adapatasi buku Minfung Ho tersebut atas permintaan pemerintah Singapura yang ingin buku wajib baca di beberapa SD di Singapura tersebut dibuat filmnya. Begitu mendapat tawaran, IFW langsung memulai pengerjaan film Sing to The Dawn. Yang patut kita banggakan dari 150 animator hampir semuanya orang Indonesia dan hanya 5 orang asing....Hebat tidak !!!!!!!!!

Pengerjaan dilakukan sepenuhnya di Batam selama tiga tahun dan memakan biaya sebesar 5 juta dollar AS. Setelah film selesai dibuat pada tahun 2008, film Sing to The Dawn mulai didistribusikan ke berbagai negara mulai dari Singapura, Korea, dan Rusia. Sing to The Dawn tidak langsung diluncurkan ke Indonesia karena IFW ingin memperkenalkan Sing to The Dawn ke penonton luar terlebih dahulu.

“Sing to The Dawn tidak langsung kami luncurkan ke Indonesia karena kami ingin meraih international recognizition terlebih dahulu. Setelah itu, kami baru meluncurkan di Indonesia agar masyarakat tahu bahwa ada studio animasi di Indonesia,” jelas Wisnu Triatmojo, Jubir IFW.

“Kami bangga bisa meluncurkan Meraih Mimpi ke pasar Indonesia,” ujar Managing Director IFW, Mike Wiluan, dalam konferensi pers yang berlangsung di Hotel Hyatt, Jakarta, Senin (27/7).

Sing to The Dawn baru dilokalisasi ke dalam versi Indonesia pada tahun ini dengan judul Meraih Mimpi. Nia Dinata direkrut untuk membantu proses script writing dan Erwin Gutawa diminta langsung untuk mengkomposisi ulang musik yang akan mengiringi film.

Dalam film animasi tersebut, beberapa artis top Indonesia seperti Gita Gutawa, Cut Mini, dan Shanty juga terlibat sebagai pengisi suara. Meraih Mimpi akan mulai tayang di bioskop-bioskop pada tanggal 8-9 September 2009, dimulai dari jaringan bioskop XXI Indonesia.

CINTAILAH PRODUK DALAM NEGERI, KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI

3 komentar:

prafangga permana mengatakan...

Emang Pada Pinter2 Anak bangsa sekarang.
G usah jauh2 Blogger2 Indonesia Juga semakin kreatif..
Heehee...

Eri Fin DinaShia mengatakan...

Kalo nggak salah, IFW adalah satu-satunya studio animasi Indonesia yang sudah stabil. Pengen banget nonton animasinya >//w//<

Arta Pratiwi mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai animasi 3D, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1153/1/50407275.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Balas

Posting Komentar